Pages

Rabu, 22 Mei 2013

makna Tashrif dan penjelasanya

 Tashrif dan penjelasanya
tashrif menurut bahasa berarti merubah
sedangkan menurut istilah, Tashrif adalah ilmu pengetahuan tentang berbagai hukum mengenai bentuk kalimat dan huruf-hurufnya baik yang asli, tambahan, dan yang menyerupainya.
dari makna istilah ini tashrif secara umum diartikan:
a. mengalihkan atau memindahkan kalimat dari satu bentuk ke bentuk lain karena adanya berbagai makna
yang dituju. seperti mengalihkan mashdar ke bentuk madhi, mudhari', isim fa'il, isim maf'ul dan sebagainya.
b. mengubah kalimat akan tetapi tidak untuk mendatangkan makna baru melainkan adanya suatu tujuan lain yang berkaitan dengan proses penambahan dan pembuangan huruf, penggantian san pembalikanya huruf serta idgham.
mentashrif kalimah adalah mengubah bentuk kalimah sesuai dengan apa yang datang kepadanya. pengubahan kalimah ini mempunyai hukum -hukum, seperti mengenai shahi dan i'lal. mengetahui tentang seluk beluk pemindahan dan pengubahan kalimah ini dinamakan ilmu tashrif/ilmu sharaf.
tashrif in hanya berhubungan dengan isim mutamakkin (isim mu'rab)dan fi'il-fi'il mutasharif (bukan jamid). adapun huruf dan yang serupa dengan huruf tidak ada hubunganya dengan ilmu tashrif ini. yang dimaksud dengan serupa dengan huruf yaitu isim-ism mabni dan fi'il-fi'il jamid karena kebekuanya dan tidak menerima tashrif.
juga tidak dapat menerima tashrif kalimah yang jumlah hurufnya kurang dari tiga. kecuali apabila kalimah tersebut berasal dari tiga huruf dan menjadi kurang dari tiga karena ada yang dibuang.


sumber: tarjamah jami'ud durusil Arabiyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dimohon untuk berkomentar dengan cara yang sopan dan dapat dipertanggung-jawabkan